- Get link
- X
- Other Apps
PERSIAPAN SURVEY LALU LINTAS 👤

Sebelum survey dilakukan terlebih dahulu dilakukan
persiapan untuk mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya serta dapat
mempermudah mendapatkan petunjuk tentang survey yang akan dilakukan. Hal
ini akan mempermudah pengisian formulir survey yang akan digunakan serta
pembuatan jadwal survey, kemudian dilanjutkan dengan membuat perencanaan detail
survey tentang :
a. Pelaksanaan survey ;
Menentukan kendala – kendala baik tenaga kerja, material, peralatan maupun yang
lainnya ;
b. Menyesuaikan metode dengan
kondisi lapangan yang ada;
Kebutuhan terhadap logistik, dan lain – lain.
Agar survey dapat dilakukan dengan efisien berikut
informasi yang dibutuhkan sebelum pelaksanaan survey :
a. Peta
Peta adalah adalah persyaratan awal untuk melaksanakan survey.
b. Waktu
dan Durasi Survey
Waktu pelaksanaan survey dipengaruhi oleh aktvitas kegiatan masyarakat pengguna
lalu lintas. Atas pertimbangan-pertimbangan tersebut di atas, juga pertimbangan
ketersediaan dana, tenaga survey, alat survey, dan jadwal kegiatan proyek, maka
survey dalam rangka pengumpulan data untuk kepentingan studi lalu lintas dan
angkutan jalan dilaksanakan dengan penjadwalan yang disesuaikan.
Tenaga Surveyor
dan Briefing
Survey inventarisasi melibatkan 5 (lima) orang surveyor, 1 (satu) orang
penanggung jawab, dan 1 (satu) orang pengawas. Survey kecepatan melibatkan
seorang pengemudi, 5 (lima) orang surveyor, 1 (satu) orang penanggung jawab,
dan 1 (satu) orang pengawas. Sementara untuk survey pergerakan membelok,
melibatkan 1 (satu) orang penanggung jawab, dan 1 (satu) orang pengawas.
Sebelum survey dilaksanakan, diadakan terlebih dahulu sebentuk pengarahan
(briefing) kepada petugas oleh Koordinator yang berpengalaman.
Formulir dan
Peralatan
Untuk keperluan survey lalu lintas, baik survey inventarisasi, kecepatan,
maupun pergerakan membelok, didesain suatu bentuk formulir oleh tim penyusun,
yang diupayakan mampu meng-cover semua jenis data yang diperlukan untuk
keperluan pengumpulan data dan analisis lalu lintas. Sementara peralatan survey
yang disediakan adalah sebagai berikut :
- Formulir survey inventarisasi
- Formulir survey kecepatan
- Formulir survey pergerakan membelok
- Clif Board
- Ballpoint
- Counter
- Pensil
- Penghapus
- Meteran
- Stop Watch
- Kamera
Transportasi dan
Akomodasi
Untuk memobilisasi pergerakan dan penyebaran surveyor, disediakan kendaran sewa
sebanyak 1 (satu) unit mobil penumpang untuk setiap harinya.
Pelaksanaan
Survey Lalu Lintas
Survey lalu
lintas sangat penting dilakukan untuk mendapatkan data primer sebagai gambaran
nyata dari kondisi lapangan. Pelaksanaan survey dan jenis survey yang dilaksanakan
dijelaskan sebagai berikut,
Inventarisasi
Jalan dan Persimpangan
Inventarisasi jalan dan persimpangan (Road Inventory
Survey), dilakukan untuk mendapatkan data mengenai jenis dan jumlah hambatan
samping (side friction), serta inventarisasi fasilitas perlengkapan jalan, baik
yang ada sekarang maupun yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan kondisi jalan.
Survey ini dilakukan pada semua sub ruas jalan dengan mengacu pada Indonesia
Higway Capacity Manual atau Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Survey ini
dapat dilakukan kapan saja (tidak terbatas hari kerja atau hari libur).
Data yang didapatkan dari survey ini adalah :
- Sketsa penampang tipikal atau layout
- Panjang dan lebar jalan, persimpangan dan fasilitas pejalan kaki
- Pengaturan ruas jalan, satu atau dua arah
- Pengaturan persimpangan misalnya diatur dengan prioritas, bundaran, APILL atau persimpangan tidak sebidang
- Rambu (jenis dan posisinya dalam orde 100-an meter)
- Marka dengan klasifikasi ada (tengah, pinggir), atau tidak ada
- Hambatan samping dengan klasifikasi statis (berdasarkan jenis objek yang ada di sisi jalan), dinamis (berdasarkan pengaruhnya terhadap lalu lintas)
Pengamatan
Kendaraan Bergerak
Pengamatan
kendaraan bergerak (Moving Car Observer / Car Following Survey), dilakukan
untuk mendapatkan data mengenai kecepatan lalu lintas. Survey Moving car
observer ini dilakukan pada semua ruas jalan yang ada dan dilakukan
sepanjang hari, sehingga diusahakan semua ruas tersurvey pada berbagai periode
waktu, baik pada saat sibuk (peak period) maupun tidak (off peak). Dengan
demikian, dari survey tersebut akan diperoleh besaran kecepatan rata-rata di
ruas jalan.
Survey
Pergerakan Membelok
Survey pergerakan membelok terklasifikasi (turning
movement classified counting) dilakukan dengan menghitung volume kendaraan
sesuai arah pergerakannya. Posisi surveyor pada survey persimpangan harus dapat
mengambil posisi straregis dengan maksud agar dapat terpenuhinya syarat lokasi
sebagai berikut :
Sudut pandang yang jelas pada semua lajur yang disurvey, karenanya perubahan
waktu siklus dapat terlihat secepatnya.
Garis henti dan ban kendaraan pada garis henti terlihat jelas.
Kendaraan di antrian paling belakang terlihat jelas dan dapat dVdentifikasi.
Kendaraan pada arus hilir terlihat agar surveyor dapat mengetahui bahwa antrian
teerhambat atau tidak
Surveyor tidak terganggu pejalan kaki dan tidak diketahui pengemudi yang dapat
terpengaruhi cara mengendaranya.
Pengumpulan dan
kompilasi data yang dilakukan dengan survey diatas harus dilakukan sebaik
mungkin, sehingga terhadap data tersebut dengan mudah dapat dilakukan
pengecekan dan penelusuran kembali. Pengumpulan dan kompilasi data yang
baik harus mempunyai unsur – unsur berikut :
Nomor dokumen
Nomor dokumen merupakan kode yang mengidentifikasikan lembar kerja, dimana hal
ini akan sangat dirasakan kebutuhannya untuk data berskala besar.
Lokasi Survey
Lokasi survey menunjukkan tempat survey dilakukan, dimana hal ini sebaiknya
ditunjukan dengan peta atau sketsa lokasi, sehingga dengan mudah dapat dibaca
orang yang memanfaatkan / mengolah data tersebut.
Waktu survey
Waktu survey lalulintas harus dapat mencerminkan kapan survey tersebut
dilakukan. Untuk waktu yang berupa tahun, bulan, minggu, hari, dan jam,
menit, serta jangka waktu pelaksanaan survey sangat diperlukan, mengingat
karakteristik lalulintas yang sangat dinamis cepat berubah.
Cuaca pada waktu survey
Karakteristik lalulintas sangat dipengaruhi oleh cuaca. Cuaca yang
dicatat pada saat melakukan survey lalulintas umumnya adalah cerah, mendung dan
berawan.
Pengamat
Informasi mengenai pelaksana survey, jabatan, dan tanggung jawab sangat
diperlukan bila terdapat inkonsistensi data yang diperoleh dan perlu dilakukan
pengecekan.
Metoda Survey
Alat yang digunakan untuk melakukan proses pengumpulan data lebih lanjut.
_______________________________________________________________________
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment