- Get link
- X
- Other Apps
Organisasi proyek merupakan gabungan sekelompok orang terdiri dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan keahlian yang terorganisir dan terkoordinasi dalam suatu wadah tertentu yang akan melaksanakan tugas pelaksanaan organisasi proyek dengan cara tertentu.
Dalam organisasi proyek fungsi terhadap kontrol pelaksanaan atau operasional, yang meliputi kegiatan pelaksanaan konstruksi di lapangan untuk mewujudkan fisik bangunan sesuai perencanaan teknis dan keuangan.
Fungsi pengendalian atau kontrol, yang meliputi kegiatan membandingkan realisasi pelaksanaan dengan perencanaan dan jika terdapat penyimpangan akan dilakukan analisis penyebabnya dan cara penyelesaiannya.
Gambaran suatu organisasi proyek yang rinci dan banyak digunakan memiliki struktur yang terdiri dari unsur-unsur seperti pada. Manajer teknik, bertugas memimpin unit teknik dan berwewenang mengelola perencanaan teknik dan pengendalian.
- Gambar kerja
- Jadwal pelaksanaan, jadwal pengadaan bahan, jadwal penyediaan peralatan dan jadwal pemenuhan tenaga kerja.
- Perencanaan pengendalian mutu
- Perencanaan arus kas
- Keselamatan dan kesehatan kerja
- Pemilihan sub-kontraktor
- Gambar Skema struktur organisasi lengkap pelaksana proyek konstruksi
- Skema struktur organisasi lengkap pelaksana proyek konstruksi .
Fungsi dari manajer operasional lapangan bertugas memimpin unit pelaksanaan lapangan dengan kewenangan:
1. Melaksanakan suatu pekerjaan sesuai perencanaan teknis dan keuangan yang telah disiapkan oleh unit teknik.
2. Mengkoordinasikan dengan tepat kepala pelaksana dalam hal pengendaliaan dan mengontrol pekerjaan para mandor dan sub-kontraktor di lapangan.
3. Mengendalikan setiap progres item pekerjaan dan melatih ketrampilan staf, tukang dan mandor.
4. Melakukan penilaian kemampuan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
5. Manajer administrasi lapangan melaksanakan tugas dengan memimpin unit administrasi proyek, mengelola keuangan, akuntansi dan pembukuan, urusan umum dan SDM proyek, dengan kewenangan:
6. Menyiapkan urusan administrasi penagihan kepada pemilik proyek
7. Melakukan pencatatan transaksi
8. Melakukan verifikasi seluruh dokumen transaksi pembayaran
9. Mengurus masalah perpajakan, asuransi, dll.
________________________________________________
- Fungsi-fungsi dalam suatu organisasi proyek konstruksi meliputi:
Dalam organisasi proyek fungsi terhadap kontrol pelaksanaan atau operasional, yang meliputi kegiatan pelaksanaan konstruksi di lapangan untuk mewujudkan fisik bangunan sesuai perencanaan teknis dan keuangan.
Fungsi pengendalian atau kontrol, yang meliputi kegiatan membandingkan realisasi pelaksanaan dengan perencanaan dan jika terdapat penyimpangan akan dilakukan analisis penyebabnya dan cara penyelesaiannya.
- Bentuk organisasi proyek dapat ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain:
- Besar kecilnya nilai proyek
- Tingkat kompleksitas pelaksanaan proyek
- Waktu pelaksanaan yang tersedia
- Penggunaan teknologi
- Lokasi
Gambaran suatu organisasi proyek yang rinci dan banyak digunakan memiliki struktur yang terdiri dari unsur-unsur seperti pada. Manajer teknik, bertugas memimpin unit teknik dan berwewenang mengelola perencanaan teknik dan pengendalian.
- Pengelolaan perencanaan meliputi kegiatan-kegiatan:
- Gambar kerja
- Jadwal pelaksanaan, jadwal pengadaan bahan, jadwal penyediaan peralatan dan jadwal pemenuhan tenaga kerja.
- Perencanaan pengendalian mutu
- Perencanaan arus kas
- Keselamatan dan kesehatan kerja
- Pemilihan sub-kontraktor
- Gambar Skema struktur organisasi lengkap pelaksana proyek konstruksi
- Skema struktur organisasi lengkap pelaksana proyek konstruksi .
Fungsi dari manajer operasional lapangan bertugas memimpin unit pelaksanaan lapangan dengan kewenangan:
1. Melaksanakan suatu pekerjaan sesuai perencanaan teknis dan keuangan yang telah disiapkan oleh unit teknik.
2. Mengkoordinasikan dengan tepat kepala pelaksana dalam hal pengendaliaan dan mengontrol pekerjaan para mandor dan sub-kontraktor di lapangan.
3. Mengendalikan setiap progres item pekerjaan dan melatih ketrampilan staf, tukang dan mandor.
4. Melakukan penilaian kemampuan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
5. Manajer administrasi lapangan melaksanakan tugas dengan memimpin unit administrasi proyek, mengelola keuangan, akuntansi dan pembukuan, urusan umum dan SDM proyek, dengan kewenangan:
6. Menyiapkan urusan administrasi penagihan kepada pemilik proyek
7. Melakukan pencatatan transaksi
8. Melakukan verifikasi seluruh dokumen transaksi pembayaran
9. Mengurus masalah perpajakan, asuransi, dll.
________________________________________________
Comments
Post a Comment