CONTOH FORMAT DATA CURAH HUJAN BMKG

TIPS BANGUN RUMAH HEMAT BIAYA


Home sweet home merupakan sebuah pernyataan dalam kosa kata bahasa Inggris yang dapat di artikan dalam garis besar berartikan rumahku adalah istanaku. Setiap orang pasti mendambakan suatu tempat tinggal yang membuat rasa kangen dan nyaman itu hadir setiap saat. Banyak orang pun memilih untuk membangun rumah sendiri daripada melalui pengembang untuk dapat menekan biaya yang keluar dan akan mudah merencanakan sesuai dengan yang di ingin kan, berharap rumah yang akan ditinggali nantinya sesuai dengan konsep yang sesuai. Dalam melaksanakan pembangunan rumah pribadi, tentu perlu melakukan langkah dalam merencanakan angaran yang merupakan suatu hal sangat penting. Anda dapat mengetahui estimasi biaya yang perlu dikeluarkan melalui rancangan anggaran tersebut. Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat ditempuh sehingga dapat diminimalisir dengan efektif biaya ketika membangun rumah.

Gunakan Jasa Arsitek

Salah satu langkah yang ditempuh dengan menggunakan jasa arsitek bertujuan untuk menghemat waktu serta menghindari suatu kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi sehingga biaya yang Anda keluarkan pun tidak akan membengkak. Saat akan membangun rumah, perlu mendiskusikan semua hal yang berkaitan dalam proses konstruksi dengan arsitektur, mulai dari desain keseluruhan, bentuk ruangan, luas kamar, tinggi langit-langit rumah, hingga hal kecil lainnya. Anda perlu memikirkan dengan matang apa saja yang ingin dibangun. Perubahan desain bangunan yang terjadi saat proses pembangunan atau bahkan setelah selesai dibangun tentunya akan menguras biaya lebih yang harus dikeluarkan.

Manfaatkan Diskon

Sebelum membangun rumah, kunjungilah pusat-pusat perbelajaan di sekitar Anda yang menjual beraneka macam bahan bangunan. Jika ada program diskon, manfaatkan diskon tersebut sebaik mungkin. Meskipun diskon yang ditawarkan tidak terlalu besar, namun bila Anda membeli dalam jumlah banyak maka diskon tersebut akan mengurangi pengeluaran Anda. Sisa uang tersebut dapat Anda gunakan untuk mmebeli keperluan rumah lainnya baik itu untuk membeli wallpaper atau menambah furnitur baru. Nah, gunakan momen ini untuk mendapatkan potongan harga yang  menguntungkan yang didapat atas pembelanjaan Anda.

Mempekerjakan Tenaga Kerja yang Handal

Jangan terlalu terburu-buru untuk langsung setuju dan memilih tenaga kerja yang tinggal di daerah perkotaan tanpa membandingkan tarif jasa serta pengalaman bekerja. Tarif tenaga kerja ini biasanya jauh lebih mahal dengan kuli bangunan yang tinggal di pinggir atau luar kota. Anda bisa meminta bantuan teman atau kerabat Anda yang pernah membangun rumah atau merenovasi rumah. Mintalah rekomendasi kuli bangunan yang pernah mereka rekrut, sehingga Anda tahu bagaimana hasil kerja mereka serta biaya yang perlu Anda keluarkan nanti.

Gunakan Ruangan Multifungsi

Buat sebuah ruangan yang multifungsi di rumah Anda. Hal ini tentunya dapat menghemat pengeluaran untuk membangun rumah Anda. Dengan jumlah ruangan yang semakin sedikit, maka biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan bangunan akan semakin sedikit pula. Anda dapat menyulap ruang tamu yang sekaligus dapat berfungsi sebagai ruang keluarga. Selain itu, Anda bisa membuat dapur yang menjadi satu dengan ruang makan. Gunakan suatu furniture atau perabotan rumah tangga yang multifungsi seperti meja yang dibawahnya tersimpan kursi atau tempat duduk yang dapat ditarik saat dibutuhkan untuk penggunaan ruangan yang efektif.

Pilih Desain Rumah yang Minimalis

Konsep rumah yang minimalis akan membuat rumah Anda menjadi sederhana dan minim biaya, namun juga dapat menjadikan rumah Anda berkualitas tinggi. Salah satu keuntungan menggunakan desain minimalis adalah penggunaan bahan bangunan yang sangat efisien, hemat ruang serta biaya. Rumah yang minimalis memiliki kesan sederhana namun tetap modern dan mewah. Anda dapat melihat tren properti sekarang ini banyak yang memilih desain minimalis sebagai model rumah mereka. Selain karena bentuk bangunannya yang simpel, desain minimalis juga telah terbukti lebih hemat dari segi biaya pembangunannya.

_____________________________________________

Comments